Telp. 072541163

VISI KOTA METRO

Berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Kota Metro Tahun 2005-2025, Visi  Kota Metro adalah: ‘Metro Kota Pendidikan yang Maju dan Sejahtera Tahun 2025.’’

Kota Pendidikan mengandung arti bahwa pada tahun 2025 telah terwujudnya kondisi masyarakat dimana pendidikan telah menjadi kultur/membudaya yang dilandasi oleh nilai-nilai keagamaan di tengah-tengah masyarakat melalui tahapan reading, learning, transformation of learning dan pada akhirnya tercipta suasana masyarakat berbudaya belajar.

Kota pendidikan adalah learning society, yang berarti tempat dimana seluruh komponen masyarakatnya berbudaya belajar. Tahapan yang ditempuh meliputi reading society, learning, transformation of learning dan internalizing.

Maju mengandung pengertian terciptanya kondisi masyarakat yang berbudaya belajar tinggi, unggul dalam berbagai sumber daya pembangunan,pelayanan masyarakat yang berbasis e-learning dan e-government serta berstandar internasional.

Sejahtera mengandung pengertian tercapainya indeks mutu hidup (income perkapita, pengetahuan, harapan hidup) infrastruktur yang diharapkan, kelestarian dan kesinambungan pembangunan (sustainable development) dan derajat kesejahteraan masyarakat berstandar nasional serta berprilaku keagamaan yang tinggi dalam suasana kehidupan yang aman, tenteram, tertib, dan demokratis.

Sesuai amanat Permendagri No. 54 Tahun 2010 yang menyebutkan bahwa Visi Pembangunan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) adalah Visi Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah terpilih yang disampaikan pada waktu pemilihan Kepala Daerah. Dalam periode 2016 -2021 Visi Pembangunan Kota Metro adalah “ Metro Kota Pendidikan dan Wisata Keluarga Berbasis Ekonomi Kerakyatan berdasarkan Pembangunan Partisipatif ”.

MISI KOTA METRO

Dalam mewujudkan visi pembangunan jangka panjang tersebut ditempuh melalui 6 (enam) misi pembangunan sebagai berikut :

1.    Mewujudkan Masyarakat yang Berpendidikan, Berbudaya, Berakhlak Mulia, Bermoral, Beretika, Beradab dan Ukhuwah Beragama dalam kehidupan.

2.    Mewujudkan Derajat Kesehatan dan Kesehjateraan Sosial Masyarakat yang Memadai.

3.    Mewujudkan Perekonomian Berbasis Ekonomi Kerakyatan dan Potensi Daerah.

4.    Mewujudkan Ruang Kota yang Berwawasan Lingkungan.

5.    Mewujudkan Sarana dan Prasarana Perkotaan yang Memadai.

6.    Mewujudkan Kepemerintahan yang Baik (Good Governance). 

 

Misi merupakan Rumusan umum mengenai upaya-upaya yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan visi sesuai dengan harapan terwujudnya  “ Metro Kota Pendidikan dan Wisata Keluarga berbasis Ekonomi kerakyatan berlandaskan Pembangunan Partisipatif ”. Maka ditetapkan Misi Pembangunan Kota Metro dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Metro Tahun 2016 -2021 sebagai berikut :

1.    Meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui sektor pendidikan dan kesehatan.

2.    Meningkatkan kesejahteraan rakyat berbasis ekonomi kerakyatan melalui sektor perdagangan, jasa, pertanian dan pariwisata.

3.    Meningkatkan kualitas infrastruktur kota yang terintegrasi dan berkelanjutan.

 

4.    Mewujudkan pemerintah Kota Metro yang Good Governance melalui peningkatan kualitas pelayanan publik.

Galeri Foto
Ingin melihat semua berita dari DPRD Kota Metro?